I don't own any of these images...I just found them on the web. If you see a photo of yours that you would like removed, please let me know.


Cara Menghemat Listrik ?

Cara Menghemat Listrik?

Berapakah total daya listrik yang Anda miliki di rumah?

Untuk Anda yang tinggal di rumah minimalis dengan tipe standar 36, biasanya 1300 Watt menjadi daya yang telah dilekatkan pada rumah.

Sedangkan untuk tipe yang lebih besar hingga rumah bertingkat, daya 2200 Watt menjadi standar yang biasa dimiliki oleh setiap rumah.

Dalam kepemilikannya, daya listrik yang besar tentu menjadi kebutuhan wajib masyarakat urban dimana penggunaan peralatan elektronik menjadi konsumsi utama.

Perhatikan saja sebuah rumah di kota besar biasanya memiliki sebuah kulkas, AC, TV layar datar, mesin cuci, setrikaan hingga microwave. Bayangkan saja jika alat - alat elektronik tersebut digunakan bersama-sama ? Tentu memakan daya yang cukup besar bukan?

Penggunaan alat - alat elektronik yang dilakukan dalam jumlah besar menjadi pemicu tagihan listrik yang cukup membengkak di akhir bulan.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ini merupakan kebutuhan yang cukup penting. Namun sering terlupakan bahwa penggunaan peralatan listrik juga bisa diakali untuk mengurangi pemakaian daya yang besar yang nantinya mengakibatkan biaya yang membengkak.

Yuk ikuti tips dari Lamudi berikut ini :

1. Ganti Lampu Anda dengan Teknologi LED

Lampu LED dikenal dengan lampu yang telah memiliki teknologi yang mampu memberikan sinar atau pencahayaan maksimal dengan daya yang digunakan relatif kecil.

Memang lampu jenis ini tergolong mahal hargaya, namun di pasaran lampu dengan teknologi LED mampu bernyala hingga belasan tahun. Selain itu, penggunaan lampu LED pun lebih nyaman untuk penglihatan mata.


2. Nyalakan AC di Suhu 24 - 25 Derajat

Anda hobi menyalakan AC dengan suhu belasan ?

Mungkin untuk jangka waktu yang sebentar seperti 30 menit hingga satu jam mungkin sah-sah saja, namun jika semalaman ?

Bayangkan konsumsi listrik yang digunakan untuk menghasilkan suhu itu ?

Kami sarankan agar Anda mengaturnya di suhu 24 - 25 derajat saja.

Di suhu ini, AC akan mengonsumsi daya yang cukup kecil.

Suhu ini kerap dijadikan standar agar menjadikan udara di dalam ruangan menjadi sejuk ( tidak dingin dan tidak panas ).

Anda bisa menyalakan AC, 30 menit sebelum menggunakan ruangan agar suhu menjadi sejuk, namun jangan lupa membuat pengaturan otomatis agar AC tersebut pun mati.


3. Gunakan TV Layar Datar dan Notebook

Ganti TV tabung dan usahakan gunakan laptop untuk keperluan komputasi Anda.

Mengapa ?

Penggunaan TV tabung dan layar tabung komputer mengonsumsi daya yang cukup besar.

Dengan menggantinya dengan TV layar datar dan notebook pun, daya yang digunakan relatif lebih kecil.

Apalagi sekarang ini TV layar datar dan laptop telah dilengkapi teknologi power saving bukan ?


4. Gunakan Setrika Uap atau Atur Penggunaan Setrika Konvensional

Setrika uap memiliki kemampuan yang cenderung lebih baik dalam melembutkan dan merapikan tekstur pakaian.

Tidak hanya itu, konsumsi listriknya pun tidas sebesar setrika konvensional. Namun jika Anda masih menggunakan setrika konvensional, atur penggunaan panas sesuai dengan bahan pakaiannya, dan mulailah dengan menyetrika dari bahan pakaian yang memerlukan energy panas yang palin kecil.


5. Atur Kipas pada Kulkas dengan Pengaturan yang Low

Jika kulkas Anda tidak berisi dengan barang kebutuhan yang banyak maka aturlah kipasnya dengan pengaturan ‘Low’. Sehingga kulkas hanya mendinginkan yang sesuai dibutuhkan saja.

Jika memang diperlukan daya yang besar karena banyak menyimpan daging - dagingan, maka aturlah dengan ‘ High ’.

Source : LAMUDI

Tags: , , , , , , ,
Add to Flipboard Magazine.Heart It

2 Responses to “Cara Menghemat Listrik ?”

Kisah Sukses said...
July 8, 2015 at 5:06 PM

Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar jawa timur, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian dan membayar 30 jt namun hasilnya nol, uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, Dengan tdk segaja sy buka internet dan sy melihat komentar ibu sri Rahayu dr jawa timur Tentang Bpk Drs Sulardi yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan mengurusnya sampai SK dia keluar, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau mau membantu saya dan menyuruh saya mengirim berkas saya melalui e-mail, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar juga, sy sangat berterima kasi kepada Bpk Drs.sulardi yg telah membantu sy, dan tak lupa mengucap syukur kepada ALLAH SWT karna melalui Bpk Drs.Sulardi, masa depan sy sudah cerah, jadi teman2 jgn pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, dan sy sadar kalau tdk ada yg ngurus dr pst langsung meman sulit, karna banyaknya peserta. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs.Sulardi, Hp:0823-3871-2222 Siapa tau belia masih bisa bantu. Untuk yg punya room, trima kasih untuk tumpanganya. Wassalm Ismail Yusup.


Unknown said...
May 23, 2016 at 9:21 PM

Thanks buat postingannya tentang cara menghemat listrik. Sangat menginsprasi.


Post a Comment

Hosting Gratis
Anda Perlu Pembiayaan Cepat atau Perlu Modal untuk Usaha

© 2015 Bukan Mimpi Properti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks
Bio Hazard Sign