I don't own any of these images...I just found them on the web. If you see a photo of yours that you would like removed, please let me know.


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Serah Terima Rumah

Serah Terima Rumah

Sebelum proses serah terima dari pengembang ke pemilik, ada satu proses penting yang perlu dilakukan. Proses itu adalah pengecekan seluruh kondisi rumah, yaitu untuk mengetahui rumah tersebut dibangun secara benar dan layak ditinggali atau sebaliknya.

Proses serah terima rumah ini merupakan pengalihan hak kepemilikan bangunan atau kaveling dari pihak pengembang kepada konsumennya. Dari sisi hukum, kedua belah pihak setuju untuk menerima tanpa adanya unsur pemaksaan.

Mengacu pada definisi tersebut, Anda sebagai konsumen berhak meneliti kembali kondisi terakhir bangunan yang diserahkan oleh pihak pengembang. Mintalah waktu kepada pengembang sebelum proses serah terima berlangsung.

Beberapa pengembang besar dengan reputasi baik sudah melakukan prosedur ini. Biasanya, standar prosedur produksi mulai dari tahap produksi bagian hulu, meliputi tahap perencanaan awal dan tahap pengadaan sub kontraktor sampai tahap bagian hilir meliputi tahap pelaksanaan, pengawasan, dan pemeliharaan.

Salah satu pengecekan perlu dilakukan secara teliti adalah kondisi fisik bangunan. Tahap ini dapat dimulai dengan memeriksa seluruh bangunan rumah Anda. Biasanya, kerusakan dapat terlihat pada bagian-bagian yang kurang rapi.

Agar tidak lupa, ada baiknya Anda mencatat kerusakan pada formulir dari pengembang. Apabila pengembang tidak menyediakan, catat di kertas Anda sendiri dengan persetujuan pihak pengembang sebagai bukti permintaan perbaikan. 

Berikut ini daftar pengecekan fisik dari pekerjaan bangunan yang bisa Anda lihat secara visual :


Pagar Depan


Bagaimanakah kerapian bentuk dinding, kekuatan dan kerapian besi, kondisi pengecatan pagar?

CEK PAGAR DEPAN RUMAH



Halaman Depan


Bagaimanakah kerapian carport dan kondisi halaman depan ?


Tampak Depan Bangunan



Bagaimana kerapian genteng depan, kerapian papan lisplang, kerapian dinding depan, finishing pintu dan jendela, aksesori pintu dan jendela, dan kerapian keramik teras ?


Ruang Tamu, Makan, dan Keluarga


Bagaimanakah kerapian sudut dinding, kerapian cat dinding, kondisi penutup plafon, kerapian lis plafon, pengecatan dinding dan plafon, kerapian keramik lantai, cacat keramik lantai, finishing pintu dan kusen, aksesori pintu dan jendela ?


Ruang Tidur


Bagaimanakah kerapian dinding rata, kerapian sudut dinding, cat dinding, kondisi penutup plafon, kerapian lis plafon, pengecatan dinding dan plafon, finisihing pintu dan jendela ?

Kamar Mandi


Bagaimanakah kondisi keramik lantai dan dinding, kerapian bak mandi, kondisi penutup plafon, finishing kusen dan jendela ?

Dapur dan Teras Belakang



Bagaimanakah keramik lantai dan dinding, kerapian bak cuci, pemasangan drain, kondisi keramik lantai dan dinding, kerapian bak mandi, kondisi penutup plafon, finishing kusen dan jendela ?

KONDISI DAPUR


source : Kompas

Tags:
Add to Flipboard Magazine.Heart It

0 Responses to “Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Serah Terima Rumah”

Post a Comment

Hosting Gratis
Anda Perlu Pembiayaan Cepat atau Perlu Modal untuk Usaha

© 2015 Bukan Mimpi Properti. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks
Bio Hazard Sign